Pages

Tuesday, May 8, 2012

Peta Perjalanan Ke Flores

Lebih jelasnya, inilah perjalanan luar biasa ku ke Indonesia bagian Timur...
26 Maret - pkl. 19.30 aku berangkat ke Surabaya. Dijemput seorang sahabat dan menginap semalam di rumahnya.
27 Maret - pkl. 06.00 terbang ke Denpasar Bali. Pkl. 13.30 terbang ke Ende... transit 20 menit di Labuan Bajo. Tiba di Ende pkl. 16.00.
5 April   - pkl. 07.35 terbang ke Labuan Bajo
6 April   - pkl 08.00 naik boat ke Pulau Rinca dan Pulau Bidadari
7 April -  pkl 8.53 mobil kami berangkat dari Hotel Waringin Puncak di Labuan Bajo. Setelah menempuh perjalanan 126 km, kami tiba di Ruteng pkl 14.23, untuk makan siang. Perjalanan di lanjutkan ke Bajawa, dengan jarak tempuh 139 km. Kami tiba di Bajawa pkl 18.18.  Menginap di hotel Edelweis.
8 April - pkl. 6 mengikuti misa pagi di Kapel susteran Karmel. Kemudian perjalanan dilanjutkan untuk berkunjung ke keluarga Tante Win, yang berasal dari Bajawa. Juga kunjungan ke keluarga bapak rektor Universitas Flores, yang kebetulan istrinya berulang tahun.  Setelah itu, kami mengunjungi Kampung Lama Beno, dan perjalanan dilanjutkan ke Riung pada pkl. 14.00. Perjalanan sepanjang 87 km, separohnya di tempuh dengan sangat pelan, karena jalan luar biasa jelek. Kami tiba di Riung pkl. 17.45. Menginap di Penginapan Pastoran SVD.
9 April - pkl 8 - 12 siang, kami berkeliling pulau dengan speed boat. Ada 17 pulau, satu diantaranya pulau kelelawar, yang seluruh pulau di huni kelelar bergelantungan di pohon bakau. Pkl 13.45 kami berangkat ke Ende dengan jarak tempuh 96 km. 40 km diantaranya jalanan sangat jelek. Kami tiba di Ende pkl 18.18.
10 April - aku ikut membantu mendekor di aula Universitas Flores untuk persiapan Pesta 75 th bapak Gadi Djou sampai pkl 22.00.
11 April - meneruskan dekor hingga siang, dan siap berdandan untuk mengikuti misa dan pesta dansa sampai pkl 00.30....
12 April - karena mendengar kakakku yang sakit di minyak suci, maka segera mencari cara pulang yang paling cepat.
13 April - pkl 15.30 terbang ke Kupang, dan menginap semalam di sana.
14 April - pkl 06.00 terbang ke Surabaya. Waktu tempuh 2 jam. Tapi karena perbedaan waktu, tiba di Surabaya pukul 07.00. Pkl 11.10... melanjutkan perjalanan langsung ke Jogja, dan tiba pkl 12.15. Berakhirlah sudah perjalanan panjang 19 hari berkeliling Pulau Flores.

Terimakasih Tuhan untuk melindungi perjalanan kami, dan pengalaman yang luar biasa, yang tidak mungkin aku alami tanpa campur tanganMu. Semoga pengalaman perjalanan ini memberikan inspirasi bagi siapa saja yang membacanya. Amin