Pages

Monday, October 3, 2011

Ulang tahun ke 52

Rumah di jln cemorojajar 19-Jogja
Sekali lagi, aku mengunjungi rumah masa kecilku. Rumah dinas bapak ketika bertugas di Jogjakarta. Tahun 1966 kami pindah ke Semarang. Kali ini yang datang lebih lengkap. Keluarga Soekoer berkumpul, walaupun tidak semua. Yang jelas, bagiku ini sebuah kado ulang tahun yang indah. Kalau ingatan kanak-kanakku hanya mampu merekam 6 tahun tinggal disana. Kakak-kakakku memiliki banyak cerita tentang rumah itu. Sekarang rumah ini menjadi cafe Kopitiam.

Kami berkeliling, dan setiap sudut rumah itu masih dilestarikan. Tidak banyak perubahan yang berarti. Cerita yang muncul adalah ingatan yang paling berkesan ketika kami tinggal disana.

lantai tempat kami prosotan dengan air sabun
Kakakku masih ingat, bagaimana kami berempat (anak-anak yang paling kecil waktu itu), paling senang meluncur di depan kamar mandi. Lantainya sengaja diberi air sabun biar licin. Ketika aku kemarin melihat tempat itu lagi... ternyata memang cukup luas untuk empat anak kecil bermain disitu.

Ada lantai, yang mbakku masih ingat dengan jelas, kami berdua suka main bekelan di situ. Lantai itu istimewa, karena kalau kami melempar bola, suaranya aneh. Lucu banget!.

Kami mengenang setiap sudut rumah
Kami juga ingat kenakalan kecil yang sering kami lakukan pada pembantu ibu yang bisu. Dia kalau makan cabe banyak banget. Nah, kami suka banget usil, dengan menancapkan cabe di sanggulnya ketika dia makan.

Pohon sawo, di halaman belakang sudah tidak ada. Dulu, kalau malam ada suara "gedebug"... sawo jatuh.. keesokannya, kami berebut untuk mengambilnya.

Bahagianya aku, di hari ulangtahunku, bisa berkumpul bersama keluarga. Ada kehangatan merayap di hati, menikmati kemanjaan yang mereka berikan ke aku. Di usia, semuanya di atas tengah baya, sikap sayang mereka ke aku, adik terkecilnya masih terasa hingga kini.

Dan hadiah terindah lainnya adalah ketika ternyata ini semua... yang mentraktir adalah anak-anakku. Woow.... hadiah terindah dari hasil keringat mereka.

Terimakasih Tuhan.. untuk perasaan bahagia yang tertumpah di hari ini.

1 comment: