Pages

Monday, July 1, 2013

Menuju Hidup Baru... (Malam Midodareni)

Malam midodareni, adalah malam dimana bidadari turun dan juga para leluhur yang datang membawa restu untuk calon pengantin. Ada yang mengadakan misa bagi yang beragama katolik. Kali ini kami memutuskan untuk doa bersama saja, supaya bisa diikuti seluruh tamu yang beraneka ragam agama. Ada Kristen, Katolik juga Muslim.
Anakku tidak boleh keluar kamar pengantin selama acara midodareni. Tapi tamu wanita boleh masuk ke kamar pengantin dan bertemu dengannya.

Keluarga besar besan datang dengan membawa seserahan yang banyak banget. Dari perhiasan, baju, sepatu, kain, tas, peralatan make up, juga berbagai macam makanan dan tidak ketinggalan pisang sepasang.

Acara dimulai dengan meneriman seserahan secara simbolik, sementara lainnya sudah diletakkan di atas meja. Setelah itu doa bersama dan kemudian dilanjutkan dengan makan malam. Setelah itu ada ulih-ulih, yaitu kami memberikan beberapa makanan untuk dibawa pulang. Yang selalu tidak boleh ketinggalan adalah pisang raja sepasang. Ini bukan pisang raja biasa. 2 pasang tersebut harus berjumlah genap dan sama. Tidak mudah mencarinya di pasar. Untung kami bisa mendapatkannya. Jumlahnya masing-masing 16 biji. Karena pengantin kan nantinya berpasangan terus sepanjang hidup mereka.

suasana malam di Sambi

bersama Eas Trisiwi dan Christine yang memimpin doa


rombongan besan dan calon pengantin pria datang


membawa seserahan yang gak habis-habis
seserahan

siap mengikuti acara
menyerahkan seserahan secara simbolik
Christine memimpin lagu

Eas Trisiwi memimpin doa
dilanjutkan dengan acara ramah tamah

Mas Totok dan calon mantu, menikmati nasi bakmoy yang hangat
menyerahkan ulih-ulih
Sebelum pulang tamu wanita boleh menengok calon pengantin putri di kamar pengantin

bersama sahabat setia di kamar pengantin
tamu wanita berkunjung ke kamar pengantin
pengecualian untuk bapak calon mertua


tamu pun pulang

Kembar 3: Tito, Dion, mas Pongky
 Setelah acara selesai, kami masih terjaga hingga melewati pukul 00:00... semoga acara inti esok hari berjalan dengan lancar...



No comments:

Post a Comment