Pages

Wednesday, October 31, 2018

Dua Sisi Mata Uang

Mata uang logam selalu punya dua sisi dengan gambar yang berbeda. Sering dipakai sebagai alat taruhan. Misalnya uang logam 500 an. Pilih gambar atau angka. Yang pilihannya menang adalah ketika uang logam dilempar jatuhnya yang diatas gambar atau angka sesuai yang dipilih.
Hidup kadang seperti dua sisi uang logam. Suka dan duka. Sehat dan sakit. Tawa dan tangis. Kenyang dan lapar. Kaya dan miskan, positif dan negatif dan seterusnya.
Apa pilihanmu?
Semua pilhan ada dalam pikiran kita. Kalau kita mau senang, ya segala sesuatu yang kita hadapi akan membuat kita senang. Kalau kita merasa semua yang kita hadapi tidak sesuai dengan yang kita harapkan, ya pasti jadi sedih, kecewa dan sebagainya.

hal sederhana yang aku lalui pagi ini adalah menikmati meja lipat pesananku yang aku terima kumarin. Sudah lama aku ingin memiliki meja yang ringan bisa dilipat. supaya mudah untukku menulis di mana saja. di lantai bawah, di teras, bahkan di tempat tidur sambil menonton TV. karena inspirasi bisa datang setiap saat tanpa pandang tempat.
Ketika dengan suka cita aku membawa meja lipatku ke teras. Berasa surga banget ketika bisa menulis dengan memandang tanamanku dan pohon-pohon besar di luar pagar. Langit pagi yang cereal dan semilirnya angin.
Lalu tiba-tiba udara menjadi panas, gerah dan kebisingan mesin potong ayam milik tetangga mulai menggangguku. Berasa sisi kehidupanku mulai masuk kesisi yang lain. yang tidak aku harapankan.
Lalu apa pilihanku?


Aku ingin tetap bahagia menulis di teras, tentu saja sampai semua ide tertuang habis.
Alih-alih mengeluhkan segala ketidak nyamanan, aku mulai melihat sekeliling. Suara mesin potong ayam menandakan usaha tetangga sebelah berjalan lancar. Udara yang mulai panas ya memang sudah sewajarnya karena memang mulai beranjak siang. Tapi masih ada mendung yang bolak balik menutupi kepongahan sinar matahari.
Aku masih bisa menikmati kopiku. Mengigit sedikit demi sedikit roti panggang berisi coklat dan selai kacang. Dan aku juga bisa menikmati lagu-lagu kesukaanku yang kukumpulkan menjadi album di spotifyku.
Sisi mata uang positif menjadi pilihanku. Bahkan aku bisa tertawa mendengar tetanggaku yang kalau bersin kerasnya minta ampun sampai mengangetkan.
Hidup sehari saja selalu penuh cerita dan selalu ada di dua sisi pandangan hidup, seperti dua sisi mata uang. Kita tidak perlu bertaruh untuk mendapatkan keuntungan jatuh di sisi yang menyenangkan. Tapi kita tinggal membuat pilihan, mau sisi yang positif atau negatif.
Begitu sederhana hidup ini.

Foto ini ada yang aneh khan. Pasti ada yang bertanya itu kok ada antena TV cable disitu? hahaha... Kata petugas yang memasang, berhubung di dekat rumah ada antena tinggi banget, kalau antena di pasang di atas rumah, bisa terganggu sinyalnya. Jadi mesti ditaruh di tempat yang terlindung. Jadilah ada di sudut teras di lantai atas. Kalau mau dilihat dari sisi negatif ya mengganggu dan mungkin aku mengeluhkan orang yang memasang antena tinggi itu. Tapi aku memilih sisi yang sederhana saja. Biar saja disitu. Kalau dianggap tidak mengganggu ya tidak menganggu. Lagi pula, yang penting aku tetap bisa nonton berbagai acara dengan adanya TV cable. Simpel khan?!
Selamat membuat pilihan. Dimulai dari kegiatan sehari-hari. Kalau menghadapi sesuatu yang tidak menyenenangkan, pilihlah hal-hal yang positif.

No comments:

Post a Comment