Pages

Sunday, February 12, 2012

Lanang tur ganas...!!!

Tinggal di susteran kok ngomongin lanangan… ganas lagi…                
Jangan salah sangka dulu. Aku sedang bercerita tentang nyamuk.
Tadi pagi, ketika masuk ke kamarku, yang ternyata kamar untuk Romo kalau menginap, semua tertata rapi. Termasuk bedcover yang menutupi kasur springbed.
Ketika aku melemparkan task u di atas kasur… langsung … buuuullll….. nyamuk!!!...nyamuknya banyak banget. Memang semua jendela terbuka, maksudnya supaya udara segar masuk ke kamar. Ternyata nyamuk ikut bersarang di semua tempat di kamar….

Susteran ini terletak 6 km dari gunung Merapi. Dulu pasti dingin sekali. Menurut suster, kalau menjemur pakaian, 3 hari baru kering. Setelah erupsi merapi, diperkirakan panas lahar yang memporak porandakan desa sekitar bisa mencapai 600 derajat. Sampai sekarang, tempat ini tidak lagi dingin. Tidak cukup dingin untuk mengusir nyamuk yang banyak banget di kamarku!.

Sore hari, sebelum menutup semua jendela, aku sudah berusaha mengusirnya keluar. Dan sebelum makan malam, aku sudah bercerita ke suster bahwa kamarku banyak banget nyamuknya…
“oya nanti kami ambilkan obat nyamuk elektrik”… baiklah suster….       
Ketika aku kembali ke kamar setelah makan malam, suster mengantarkan  obat nyamuk.
Begitu kupasang ke stop kontak, beberapa saat kemudian nyamuk terbang dan menempel di eternit di sekitar lampu. Gila banyak banget…!!!
Repotnya, satu-satunya stop kontak yang ada di kamar, letaknya di atas tempat tidurku. Dengan begitu, obat nyamuk hanya bisa diletakkan dekat tempat tidur. Tidak ada pilihan lain… dikeributin nyamuk… atau pusing kepala karena menghirup obat nyamuk… haaadeeewww… pilihan yang sulit.
Cukup lama aku bertahan dengan obat nyamuk disampingku. Apalagi ketika aku melihat ke lantai, banyak nyamuk bertebaran, sementara yang lain masih bertahan di langit-langit kamar. Iseng… bener-bener iseng… kuhitung yang ada di lantai…. 68!!! Hahaha…. Armada besar yang menyerangku malam ini… temanku bilang, itu pasti “nyamuk lanang!”… dan aku membalasnya “nyamuk lanang tur ganas!...” kami tertawa bersama…

Karena kepala semakin pusing… dan aku tidak mau bernasib sama seperti nyamuk yang bertebaran di lantai, maka dengan berat hati kumatikan obat nyamuknya. Siap bergulat dengan rasa pusing dan serangan nyamuk lanang yang ganas!!!....
Kututup mukaku dengan selendang tipis  hadiah natal dari anakku, dan mencoba tidur… terakhir aku  melihat jam di HP menunjuk angka 2….
Bangun pagi dengan kepala nyut-nyutan, aku mengumpat dalam hati… 68 nyamuk yang semalam terkapar di lantai… sudah hilang semua!!!.... rupanya mereka cuma pingsan!.
Kuterima kekalahanku dengan hati dongkol. Sudah bikin kepala kliyengan, mereka kabur semua¸meninggalkan tanda cintanya berupa totol-totol merah di lengan dan pipiku…. Hiks…. Dasar nyamuk lanang ganas!!... awas kubalas nanti malam!!.

No comments:

Post a Comment