Pages

Friday, March 22, 2019

10.254 miles, 22 states, in 63 days

10. Every day is a good day
Kentucky ke Buckeye Lake, Ohio
Dari Kentucky ke Ohio 238 miles. Di Ohio waktu itu rasanya tidak ada tempat yang menarik untuk dikunjungi. Maka mereka memutuskan untuk menginap satu malam saja di RV park Buckeye Lake, sebelum melanjutkan ke Niagara Falls keesokan harinya.
Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk membuka tent trailer lebih dari 40 menit. Dari melepaskan kaitannya di belakang mobil, hingga membukanya, dan siap dipakai.
Mereka baru tiba di Ohio menjelang sore. Langit mulai gelap karena mendung, maka diputuskan untuk segera menuju camping ground Buckeye Lake sebelum gelap. 
Setelah membayar biaya menginap semalam, mereka segera menuju ke tempat yang ditunjukkan petugas. Tiba-tiba hanya dalam waktu beberapa menit, langit semakin gelap. Cepat sekali. Masih terkejut melihat suasana yang tiba-tiba menjadi kelam, mereka dikejutkan dengan serangan tentara... NYAMUK!.

Armada nyamuk menyerang dengan membabi buta. Rasa terkejut berubah menjadi panik. Mereka harus segera membuka tent trailer!.
Ya Tuhan!... tanpa ba bi bu lagi, dengan kecepatan luar biasa mereka segera membuka tent trailer, tanpa melepaskan kaitannya dengan mobil. Yang satu mengangkat sisi tempat tidur, yang satunya meletakkan penyangganya. 10 menit, DONE!!.
Mereka segera masuk ke dalam dan congratulation! hahaha... rasanya seperti berlomba dan baru saja melewati garis finish!. 
Bersyukur sekali, saat itu mereka sudah memiliki tent trailer. Tidak terbayangkan kalau mereka masih tidur di tenda. 


Mengenang kembali perjalanan di negara bagian selatan seperti Arkansas, Tennessee dan Kentucky, mereka tersanjung mendapat panggilan "sir" dan "mam". Juga sikap jujur, tulus dan baik hati yang akan terus mereka kenang. Seandainya waktu itu ditanya, apakah ingin pindah ke Tennessee pasti akan dijawab YA! tanpa pikir panjang lagi. Rasanya nyaman tinggal bersama orang-orang yang sangat sopan dan saling membantu. 

Jalan hidup memang tidak bisa diramalkan. Sekembalinya nanti dari perjalanan panjang ke 22 negara bagian, Yongkie mendapatkan pekerjaan di sebuah Bank. 
Maka dia mengambil kursus accounting. Kalau setiap hari Jumat orang biasa mengatakan "have a nice weekend", dia pergi kursus accounting hingga menjadi Financial Analyst.
20 tahun tinggal di Los Angeles yang penuh sesak dan sibuk membuat mereka jengah, dan pada th 1998 mereka memutuskan untuk pindah ke Portland, Oregon.
Kaul untuk mengunjungi seluruh negara bagian Amerika melekat sepanjang hidup. Tahun 2003 mereka melakukan perjalanan pertama setelah pindah ke Portland yaitu ke Vancouver. Kisah perjalanan ini, sudah dengan persiapan lebih baik setelah berpengalaman menjelajah 22 negara pada tahun 1988. Kali ini mereka sudah memiliki RV (Recreation Vehicle). Dan 15 tahun cukup untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan lebih baik. Foto perjalanan ke Vancouver bisa di klik 

Mengalami serangan nyamuk di Ohio mengingatkan pengalaman bertemu Bruce Morton dalam perjalanan ke Vancouver. Mereka bertemu ketika akan naik kapal.
Waktu itu Bruce Morton berusia 85 tahun. Dia bersama seorang wanita yang mereka pikir itu istrinya. "she is my girlfriend" kata Bruce sambil memperkenal CC, nama pacarnya.
Wow... sudah 85 tahun masih punya pacar. Menarik sekali bapak satu ini. Mereka jadi tertarik untuk berguru tentang kehidupan darinya. Bruce akhirnya mengundang untuk minum teh di rumahnya. Bruce Morton tinggal di Qualicum Beach, sebuah kota di Vancouver Island, Canada. Disanalah Yongkie dan Pokie mendapatkan pengalaman dan pembelajaran berharga falsafah hidup EVERYDAY IS A GOOD DAY.
Mereka terkesan sekali dengan kehidupan Bruce Morton dan kembali berkunjung pada tahun 2014. Kisah hidup Bruce akhirnya berhasil ditulis Yongkie di bawah ini.
Foto-fotonya bisa dinikmati dengan klik disini,
http://www.yongkieandpokie.com/olympic/bruce
Tahun 2015 mengunjungi ke rumah sakit karena Bruce Morton mengalami stroke. CC pacar Bruce sudah meninggal dunia di tahun 2012. Kali ini dia hanya ditemani anak perempuan dan cucunya. Foto-foto bisa di klik disini,

Everyday is a good day belum mereka pahami dalam perjalanan di tahun 1988. Namun telah mereka jalani dalam kehidupan sehari-hari. Mereka tidak mempermasalahkan soal nyamuk, tapi justru bangga pada prestasi membuka tent trailer dalam waktu 10 menit!. Semangat inilah yang membekali mereka untuk perjalanan berikutnya menuju utara ke Niagara Falls. Walaupun banyak peristiwa tidak seperti yang mereka harapkan. Tapi Yongkie tetap ingin membuat surprise untuk Pokie.

Bersambung...

No comments:

Post a Comment