Pages

Thursday, March 14, 2019

10.254 miles, 22 states, in 63 days

4. Cakar Ayam

Perjalanan dari Williams, Arizona ke New Mexico tidak banyak hal menarik di perjalanan. Masih melewati gurun dan pemandangan yang begitu lengang sejauh mata memandang.

pemandangan sekitar kering dan gersang
Mereka langsung ke Albuquerque, dan berkemah disana. Dari Williams ke Albuquerque jaraknya 356 miles, ditempuh dalam kurang lebih 7 jam. Untuk para pelancong tersedia camping ground yang bisa menjadi pilihan untuk menginap.

Kalau dilihat dari atas masih banyak gurun luas di kanan kiri jalan
Ketika mempersiapkan perjalanan panjang ini, Yongkie membawa kartu kredit dan traveler checks. Di tahun itu kartu kredit belum biasa digunakan di setiap tempat. Mungkin bisa dibayangkan Indonesia sekarang ini. Sudah bagus dan banyak perkembangan ketika di berbagai daerah di Indonesia sudah ada ATM. Orang bisa mengambil uang tunai untuk bertransaksi. Kartu kredit baru bisa dipakai di kota-kota dan toko yang lumayan besar.

Untuk tempat-tempat yang belum biasa menggunakan kartu kredit, Yongkie bisa menggunakan traveler checks, jadi tidak perlu membawa uang tunai. Dalam traveler check tercantum nilai nominal uang. Apabila ada kembalian bisa diberikan dalam bentuk uang tunai.
Untuk mendapatkan traveler check ini mudah sekali. Tinggal membeli di American Traveler Check di bank terdekat. Waktu membeli kita harus menandatangani terlebih dulu. Ketika membayar tinggal membubuhkan tanda tangan kedua. Kedua tanda tangan ini harus sama dan benar untuk menghindarai penyalahgunaan oleh orang lain.

traveler check yang ditandatangani cakar ayam
Setiap kali mau menginap di camping ground, Yongkie harus membayar dulu untuk berapa malam dia akan tinggal disitu. Waktu itu dia membawa traveler check untuk membayar menginap satu malam di Albuquerque. Ketika dia menyodorkan traveler check dan menantanganinya, kasirnya tertawa keras.
"why??" tanya Yongkie heran dan penasaran.
Si kasir cantik itu menahan tawa dan berkata "your signature looks like a chicken scratch"
Yongkie mengamati lagi tanda tangannya. Iya juga ya... memang kayak cakar ayam.
"you are right!" kata Yongkie, dan mereka tertawa lagi.

Keesokan harinya mereka melanjutkan perjalanan ke Santa Fe. Hanya 64 miles saja.
Santa Fe, New Mexico - 7 September 1988

Indian trading post
Indian trading post ini kalau di Jogyakarta ya seperti emperan Malioboro tempat orang berjualan berbagai macam pernak-pernik kerajinan khas Jogya. Disitu banyak dijual berbagai hasil karya khas Mexico.
Dari Santa Fe perjalanan lanjut ke negara bagian Oklahoma sepanjang 535 miles.
Perjalanan semakin ke timur mulai terlihat hijau segar, bukan lagi gurun yang kering dan sepi. Untuk yang bepergian hanya berbekal tenda, sudah pasti ada tantangan baru. Karena cuaca yang tidak menentu. Hujan bisa datang tiba-tiba di siang bolong.
Bagaimana pun semua harus dilalui karena sudah bertekad melakukan perjalanan gila ini.

Bersambung...


No comments:

Post a Comment