Pages

Wednesday, March 13, 2019

10.254 miles, 22 states, in 63 days

3. 5 September 1988

Jiwa muda penuh semangat. Selesai kemoterapi rambut mulai tumbuh, menjadi ikal dan tebal. Tubuh juga semakin bugar untuk memulai perjalanan panjang ke arah timur dan selatan benua Amerika.
Tahun 1988 menjadi awal petualangan. Butuh persiapan panjang dan terperinci, karena mereka baru memiliki sebuah mobil dan tenda. Tapi itu sudah cukup sebagai bekal. Inilah negara bagian yang ingin dikunjungi untuk memenuhi kaulnya.


1. California
2. Arizona
3. New Mexico 
4. Texas
5. Oklahoma 
6. Arkansas 
7. Tennessee 
8. Kentucky 
9. Ohio
10. Pennsylvania 
11. New Jersey 
12 New York 
13. Maryland 
14. Virginia
15. West Virginia 
16. North Carolina 
17. South Carolina 
18. Georgia 
19. Florida
20. Alabama 
21. Mississippi 
22. Louisiana 

Mobil kecil Tercel merk Toyota Jepang, bentuknya mirip Toyota Corrola. Diproduksi tahun 1978-1999 dengan perubahan model tiap 5 tahun. 
"sama dong dengan punyaku waktu itu Yong.." kataku. Ingat mobil corrola yang jadi kelangenan suamiku hingga baru tahun lalu rela dijual. Anakku memberi nama Corvet alias Corrola Veteran, saking udah tua banget.
" Mobil kecil yang kuat bisa diajak berpetualang gila-gilaan ke 22 negara bagian" cerita Yongkie. Kalau dalam persepakbolaan di Indonesia, ada istilah bonek (bondo nekat), ini istilah pas buat mereka. Nggak papa untuk usia Yongkie dan Pokie yang masih muda.


Melepas kursi belakang, supaya banyak ruang untuk barang-barang
Walaupun mobilnya kecil, tapi karena hanya bepergian berdua, masih banyak tempat untuk meletakkan barang bawaaan. Kursi belakang dihilangkan supaya ruang bagasi menjadi luas. Yang penting adalah peta. Cukup banyak peta yang harus dibawa karena banyak negara bagian yang akan dilalui. Kompor, kotak pendingin untuk menyimpan bahan makanan. Rice cooker. 
"aku isih wong Jowo, mangan sego" kata Yongkie sambil tertawa. 
Tenda dan segala perlengkapannya. Ini benar-benar petualangan anak muda. Camping selama perjalanan. Namanya kaul, harus dijalani. Yang penting niat yang membara akan mengatasi segala persoalan di jalan. 
Yang tidak boleh ketinggalan, berbagai kartu identitas termasuk green card yang baru saja didapat, dan traveler check. Cek yang dikeluarkan bank untuk membayar di mana saja, menggantikan uang tunai. Dalam traveler check sudah tertulis nominal nilai uangnya. Kartu kredit juga harus dibawa untuk tempat-tempat yang menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit. Di tahun itu hanya ada di kota besar saja. Semua siap, lengkap dan aman. Let's do it!!


LA-Williams, Arizona dilihat dari atas, melewati banyak gurun.
Mereka memilih berangkat pagi karena jalan menuju negara bagian Arizona banyak melewati padang gurun. Kalau malam hari terlalu gelap dan sepi menyeramkan, drive with nothingless.
Los Angeles masuk negara bagian California. Untuk keluar dari negara bagian ini ada 10 freeway menuju negara bagian Arizona. Yongkie memilih jalan menuju Williams, Arizona. 431 miles dalam kurang lebih 9 jam perjalanan. Batas kecepatan 75 mph atau 120 km/jam.
"it,s ok. Mobilku nggak bisa buat lari di atas 120 km/jam. Paling cepat 95 km/jam". kata Yongkie tertawa. Jadi kalau di peta ada keterangan berapa lama perjalanan bisa di tempuh, untuk Yongkie pasti membutuhkan waktu lebih lama.
Mereka tiba di Williams, Arizona menjelang sore. Memasang tenda dan beristirahat.


beristirahat di camping ground Williams, Arizona


Membawa TV hitam-putih dan radio untuk hiburan
Perjalanan di th 1988 belum ada GPS dan telpon genggam. Foto diambil dari kamera lama dan perjalanan hanya mengikuti peta. Maklum apa yang diceritakan disini kisah 31 th lalu. Ketika bekerjasama menulis kisah perjalanan ini, Yongkie harus membongkar foto-foto lama, di scan supaya bisa dikirimkan ke aku. Hasilnya tentu saja tidak sebagus foto digital sekarang, tapi mampu membangkitkan berbagai kenangan di masa itu.

Bersambung ke New Mexico...

No comments:

Post a Comment