Pages

Friday, March 29, 2019

10.254 miles, 22 states, in 63 days

15. Kepiting batu (stone crab)


Setelah puas berkeliling di Washington DC dan tinggal lebih dari seminggu di rumah Kimmy dan Daniel, dengan berat hati mereka harus melanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Orlando, 847 miles.
Berhenti dua malam di Williamsburg. Williamsburg adalah kota di negara bagian Virginia yang merupakan jajahan Inggris pertama. Merupakan ibukota koloni Virginia dari tahun 1699 hingga 1780. Kota ini berperan penting dalam Revolusi Amerika bersama dengan Jamestown dan Yorktown. Williamsburg menjadi kota bersejarah dimana kita bisa melihat kehidupan di jaman dahulu, lengkap dengan kostumnya. Kita seakan-akan hidup di jaman dahulu di jalan-jalan, maupun toko-toko dan workshop.

Di Williamsburg mereka menginap dua malam. Menikmati makanan unik seperti soup kacang dan kue kepiting. Makanan paling enak yang pernah mereka coba.



Peanut soup
Crab Cake



Wedang kacang Semarang
Peanut soup ini kok seperti wedang kacang di Semarang ya? mirip sekali. Kalau dilihat dari sejarahnya memang wedang kacang merupakan gabungan Jawa, Arab dan Eropa. Jadi mungkin memang ada kesamaannya. Makanan juga mengandung nilai sejarah. Walaupun wedang kacang hanya bisa ditemukan di tempat tertentu saja di Semarang, namun kita masih bisa menikmati jamuan jaman dahulu. Semoga tetap bisa dilestarikan hingga bisa dinikmati generasi mendatang.


Pokie di perbatasan masuk ke South Carolina
Perjalanan ke Orlando, Florida cukup panjang dan melelahkan sehingga mereka kembali menginap di South Carolina semalam. Keesokan harinya mereka langsung menuju ke Orlando, Florida. Dan mereka menyempatkan diri mampir di Epcot Center.
Epcot Center, Florida
Epcot Center adalah taman hiburan di Walt Disney World Resort di Bay Lake, Florida. Dimiliki dan dioperasikan oleh The Walt Disney Company melalui divisi Parks, Experiences dan Products. Terinspirasi oleh konsep yang belum direalisasikan yang dikembangkan oleh Walt Disney, taman dibuka pada 1 Oktober 1982, sebagai EPCOT Center, dan merupakan yang kedua dari empat taman hiburan yang dibangun di Walt Disney World, setelah The Magic Kingdom. Epcot mencakup 123 ha, dua kali lebih besar dari The Magic Kingdom. Epcot didedikasikan untuk perayaan pencapaian manusia, yaitu inovasi teknologi dan budaya internasional. Idenya menjadi pusat perkotaan dengan perumahan dan sistem transportasi modern. Setelah kematian Walt Disney 1966, konsep ini sempat ditinggalkan karena ketidakpastian gagasan. Baru pada tahun 1970 mulai dikembangkan lagi hingga akhirnya menjadi Future World dan World Showcase dan dibuka sebagai Epcot tahun 1982.


I believed I could fly, Miami Beach
Dari sini mereka melewati Miami Beach sebelum melanjutkan ke tempat paling selatan benua Amerika yaitu Keywest, Florida.
Di Miami masakan yang tekenal yaitu stone crab. Kepiting yang hanya punya satu capit.
90% Stone crab hanya ada di Florida dengan masa panen di bulan Oktober sampai dengan Mei.
Kepiting batu bisa dibudidayakan, karena hanya capitnya yang di panen. Ada ketentuan hanya capit yang panjangnya 2 3/4 inci yang boleh di ambil. Cara pengambilan dengan teknik khusus sehingga bisa tumbuh kembali. Kepiting batu jantan bisa berumur sampai 7 th, sedangkan yang betina 8 th. Kepiting batu memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis.


Stone Crab hanya memiliki satu capit
hanya satu capit















Perjalanan selanjutnya menuju Key West, tempat paling selatan dari benua Amerika. Perjalanan menyusuri pantai dan tentu saja seafood menjadi makanan utama mereka.
Key West Beach, Florida
Chef Yongkie menyiapkan lobster untuk makan malam
Tempat paling selatan benua Amerika
Dari Key West, tempat paling selatan di benua Amerika, perjalanan selanjutnya kembali ke utara dan ke barat menuju perjalanan pulang ke Los Angeles.

Bersambung

No comments:

Post a Comment