Pages

Wednesday, March 27, 2019

10.254 miles, 22 states, in 63 days

13. "I print your one year salary in just minutes"


Foto ini saya ambil di internet
Uang selalu membuat kita penasaran darimana asalnya. Kebetulan Washington DC menjadi tempat pencetakan uang, namanya
Bureau of Engraving and Printing (BEP). BEP bertanggungjawab atas design dan percetakan mata uang di Amerika. Di tahun 1862, BEP mulai beroperasi mencetak uang dollar dengan proses yang sangat sederhana di Washington, DC. Pada tahun 1991, Pabrik uang dollar Amerika yang kedua dibangun di Fort Worth,Texas. 
Ini menjadi tempat favorite kunjungan mereka. Walaupun terbuka untuk umum, namun banyak sekali peraturan yang harus di taati. Yang sudah pasti tidak boleh membawa kamera dan video. Tour melihat bagaimana US dollar dicetak tidak bisa diabadikan. Bahkan untuk kelengkapan proses pencetakan uang,  mereka hanya bisa melihat melalui video.

"I print your one year salary in just minutes", tulisan ini ada di dekat mesin cetak. Tergantung gajinya setahun berapa, bisa jadi hitungan detik, atau beberapa menit untuk yang penghasilannya tinggi. Yang jelas keamanan untuk mencetak uang ini sangat ketat. Petugas yang mencetakpun sudah tentu tidak bisa mencetak untuk dirinya sendiri... hahaha. Apa nggak stress ya, melihat uang begitu banyak yang menjadi kebutuhan seluruh negara Amerika? sementara dia harus menunggu satu tahun untuk mendapatkan uang yang dicetak hanya dalam beberapa menit saja.

Seminggu lebih di Washington DC membuat mereka bisa berkunjung ke berbagai tempat bersejarah. Yang paling sulit menggambarkan Museum Smithsonian yang terdiri dari 19 museum dan galeri serta Taman Zoologi Nasional. 17 dari koleksi ini berada di Washington D.C., dengan sebelas di antaranya berada di National Mall. Sisanya berada di New York City dan Chantilly, Virginia.


The White House, cukup dari luar saja
Capitol Hill
lebih dari 58.000 nama korban perang Vietman
tertulis dalam tembok ini
Makam JF. Kennedy

Tinggal di rumah Daniel dan Kimmy benar-benar menjadi kenangan indah yang tak terlupakan. 20 tahun kemudian, di th 2008 mereka mendengar Daniel sakit. Maka Yongkie menyempatkan berkunjung kembali ke Washington DC bersama dengan Monique dan Martin suaminya. Monique adalah teman satu SMA juga dan tinggal di New Jersey. Waktu itu Pokie tidak ikut karena sedang berkunjung ke Indonesia. Pertemuan dengan Daniel dan Kimmy bisa dilihat di 
www.yongkieandpokie.com/eastcoast/ec1.html

Sayang sekali, pertemuan di tahun 2008 tersebut menjadi pertemuan terakhir dengan Daniel. Daniel dipanggil Tuhan dan dibebaskan dari sakit yang dideritanya 18 bulan. Kenangan kepergian Daniel bisa di lihat di disini  http://www.yongkieandpokie.com/dan

Kisah kepergian Daniel membangkitkan lagi kenangan Yongkie ketika dia harus menjalani operasi tumor di dada tahun 1987. Yang akhirnya membuat dia membuat kaul mengunjungi seluruh negara bagian USA. Ada kisah yang lucu tapi juga kisah yang membuat dia merasa ada di titik terendah dalam hidupnya ketika harus menjalani operasi tumor lagi di tahun 2011. Kali ini tumornya ada di telinga sebelah kanan. 

Bersambung



No comments:

Post a Comment