Pages

Monday, March 25, 2019

10.254 miles, 22 states, in 63 days

12. Mommy Dee

Philadelphia ke Lewistown
Tinggal di negeri orang bukan hal yang mudah. Jauh dari keluarga dan sering merasa kesepian. Menemukan keluarga baru menjadi suatu hal yang sangat berharga. Ketika mereka membuka toko sandwich, tersedia juga hot dog, ice cream dan minuman soda. Ada pelanggan, wanita setengah baya bernama Dee. Kalau datang selalu memesan jumbo hot dog dan diet coke. Setiap datang tidak hanya sekedar makan dan minum, tapi juga mengobrol. Seringnya bertemu dan saling bercerita membuat mereka semakin akrab. Yongkie dan Pokie memanggilnya "mommy Dee", karena rasanya aneh sebagai orang timur kalau memanggil orang yang lebih tua hanya dengan menyebut namanya saja, walaupun ini hal biasa bagi mereka. Sementara mommy Dee menganggap mereka sebagai "chinese kids" nya. Mereka sering diundang untuk perayaan Thanks Giving dan Christmas dirumahnya.

Orangtua Mommy Dee tinggal di Lewistown yang masih di negara bagian Pensylvania. Untuk itu mereka harus kembali ke utara lagi menempuh 163 miles. Tapi mereka sudah berjanji untuk berkunjung ke orangtua mommy Dee yang mereka anggap sebagai adopted grandma and grandpa. Selain itu menjadi kehormatan bagi mereka yang diundang ke pertemuan keluarga besar mommy Dee.
Mereka disambut dengan sikap kekeluargaan yang hangat dan ramah. Disini, Yongkie dan Pokie menginap dua malam yang membuat mereka semakin mengenal keluarga besar mommy Dee.
Sayang sekali foto pertemuan dengan keluarga besar mommy Dee tidak berhasil ditemukan. Hanya ada foto bersama grandma dan grandpa.

Masih ada bekas luka operasi di dada Yongkie
adopted grandpa and grandma


Lewistown - Washington
Bahagia memiliki keluarga baru, hingga rasanya masih ingin tinggal, tapi perjalanan mereka masih panjang. Kembali ke arah selatan menuju Washington DC. Ada keluarga baru yang ingin dikunjungi. Keluarga Daniel dan Kimmy. Mereka berdua teman SMA di Semarang. Sudah 10 tahun mereka tidak bertemu. Waktu itu mereka baru dikaruniai putra pertama yaitu Jonathan. 
Kembali tinggal bersama sebuah keluarga, memberi suasana baru yang menyegarkan. Setidaknya libur tidur di tent trailer. Semula mereka berencana untuk tinggal 3 malam di rumah mereka. Tapi Daniel mengatakan kalau di Washington DC banyak tempat yang layak untuk dikunjungi, seperti Bureau of Engraving and printing, The Smithsonian Museums, Lincoln Memorial, The White House, Vietnam Memorial, Makam JF. Kennedy dan The Capitol Hills. 
Begitu banyaknya tempat yang ingin dikunjungi, hingga akhirnya mereka tinggal di rumah Daniel dan Kimmy lebih dari seminggu. 


Pokie, kakak Daniel, Kimmy, baby Jonathan,
Daniel dan Yongkie.
"no Kimmy... he is not my son" kata Yongkie
Setelah bertemu keluarga besar mommy Dee di Lewistown dan berkumpul teman lama lebih dari seminggu semakin membuat mereka merasa memiliki keluarga lagi. Keluarga bukan hanya yang sedarah dan sedaging, tapi semua orang yang menerima kita dengan tangan terbuka dan ketulusan hati.

Bersambung

No comments:

Post a Comment