Pages

Monday, April 16, 2012

Jujur... kunci keselamatan


Ranger
Jangan main-main dengan komodo. Apalagi mengabaikan aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Bagi wanita yang sedang haid, dilarang masuk ke wilayah ini. Tidak boleh ada barang yang bergerak. Misalnya tas yang diayun-ayunkan, menggunakan kipas, atau ada gantungan yang bergoyang-goyang di badan kita. Komodo sangat sensitive dengan hal-hal tersebut di atas. Seorang turis, wanita Italia yang berbohong karena dia sedang haid, tapi nekad masuk, hampir menjadi mangsa komodo. Komodo sudah menghadangnya dekat dengan dermaga ketika dia datang. Segera dia diminta masuk kembali ke boat dan meninggalkan tempat.

Ketika kami berempat tiba di dermaga pulau Rinca, kami sudah disambut seorang ranger, bernama pak Mansur. Dia yang akan mengawal kami berkeliling untuk melihat komodo. Ditangannya ada kayu dengan ujung bercabang, untuk menahan komodo apabila dia menyerang. Bagaimana pun komodo binatang buas yang tinggal bebas di pulau Rinca.
Setelah melewati hamparan ladang tandus dan sangat panas, kira-kira 200 m, sampailah kami di perkantoran, tempat kami membayar beaya masuk dan biaya ranger. Setelah itu pak Mansur mengajak kami berkeliling. 
berjalan ke kantor administrasi

padang gersang... panas






Perumahan karyawan
Akhirnya kami tiba di perumahan karyawan yang berbentuk rumah panggung, untuk menghindari komodo masuk ke rumah, dan kami diajak ke rumah panggung khusus untuk dapur. Biasanya komodo senang berada di bawah rumah dapur. Benar saja. Ada 6 komodo besar kurang lebih 2 sampai 3 m panjangnya, sedang berteduh disana. Komodo tidak suka panas. Kami juga bertemu komodo kecil umur 1 tahun. Panjangnya kira-kira hanya 30 cm. Mereka biasa tinggal di atas pohon.

Ada route 1 jam dan 5 jam apabila kami ingin berkeliling pulau Rinca. Tapi, udara begitu panas dan kami merasa sudah cukup melihat komodo yang berkumpul di di bawah dapur. Apalagi pak Mansur mengatakan, dalam route 1 jam maupun  5 jam belum tentu kami bisa menemukan komodo, karena mereka bebas berjalan kemana saja.
Jujur, menjadi syarat utama apabila kita ingin selamat. Saya kira tidak hanya berkaitan dengan komodo. Dalam hidup kita pun, kejujuran lah yang akan membawa kita pada keselamatan, dalam bentuk apa pun dalam kehidupan kita.


lagi bermalasan di bawah pohon


baby komodo, umur 1 tahun
bermalasan di bawah dapur

No comments:

Post a Comment