Pages

Friday, April 20, 2012

Riung dan Pulaunya


Rumah nelayan di pinggir pantai
Di pelabuhan Riung... siap naik boat


Jalannya dari kayu, bawah tong...
Setelah mengambil doos makan siang, kami berangkat ke pelabuhan untuk melihat keindahan ciptaaan Tuhan di Riung. Pukul 8 sebetulnya sudah terlalu siang. Disarankan pukul 6 pagi kami sudah berada di tengah laut untuk melihat taman laut, yang konon lebih indah dari Bunaken. Dan pagi itu, karena sudah terlalu siang, taman laut sudah tidak begitu jernih terlihat karena ombak sudah menggetarkan permukaan laut, sehingga keindahan di dalamnya menjadi kabur.



Salah satu pulau di Riung
Pak Nico, membawa kami dengan botanya, mengelilingi beberapa pulau. Walaupun sudah membawa persediaan 60 liter bensin. 17 pulau tidak bisa kami kelilingi semuanya.

Kami singgah di Pulau Rutong, untuk snorkling. Hanya aku yang tidak ikut snorkling, karena pengalaman di pulau Bidadari ternyata aku tidak bisa melihat dengan jelas. Mereka bertiga begitu senang, sehingga malas keluar dari laut. Sementara matahari semakin tinggi. Dan saatnya makan siang tiba.

Pulau Rutong, sering dikunjungi untuk makan siang
Di pulau Tiga, ada pohon asam dan ayunan

Pemandangan dari pulau Tiga
Untuk mendapatkan tempat yang rindang dan santai kami diajak ke Pulau Tiga untuk makan siang. Ada pohon asam yang besar dan rindang, sehingga kami bisa makan sambil ngobrol, juga bermian ayunan. Menurut pak Nico, pulau Rutong dan pulau Tiga sudah ada investor yang setuju membangun di sana.

Dari pulau Tiga kami diajak pak Nico melihat pulau Kelelawar. Sengaja ini menjadi pilihan terakhir, karena air mulai pasang, dan boat bisa lebih dekat ke pulau, walaupun kami tidak bisa turun. Sebuah pemandangan yang luar biasa. Seluruh pulau dipenuhi kelelawar yang bergelantungan di atas pohon. Agak mengherankan karena kelelawar biasanya tinggal di gua. Kelelawar yang ini ternyata berada di luar dan tahan terhadap panas matahari.
Bayangkan satu pulau berisi puluhan ribu kelelawar



Ketika boat mendekat, mereka beterbangan

 

No comments:

Post a Comment