Pages

Friday, April 20, 2012

Resep Usia Panjang

bapak Hengky Nai
Silaturahmi berikutnya adalah ke rumah bapak Hengky Nai, bapak dari bapak Stefanus Djawanai yang menjabat rektor di Universitas Flores, Ende. Kebetulan aku sangat mengenal ibu Stefanus karena dulu satu paroki di Jogjakarta. Hari itu, kebetulan ibu berulangtahun. Merupakan kehormatan bagi kami bisa berkumpul dan mengenal keluarga beliau.

Yang menarik adalah bapak Hengky Nai. Kalau kami bertanya berapa usianya, jawabnya “yah.. sekitar 96..” tapi, ketika kami ditunjukkan fotonya ketika akan menerima komuni pertama, tertulis disitu foto diambil tahun 1922. Usia anak yang menerima komuni pertama biasanya 10 th. Kalau begitu, bisa jadi saat ini beliau berusia 100 tahun. Luar biasa!!... dan lihatlah.. betapa sehat dan kuatnya beliau.


foto diambil 1922
Berapapun usia beliau yang jelas beliau pantas ditiru sikap hidupnya, hingga bisa mencapai usia panjang dan sehat. Menurut keterangan putranya, beliau seorang yang berkepribadian suka menolong. Terutama orang-orang yang kecil, miskin dan tersingkir. Beliau juga suka memaafkan. Selain itu, ketika muda beliau senang berburu. Udara yang segar dan bersih, juga makanan segar yang belum terkontaminasi MSG, membuat beliau sehat.

Aku melihat ke dalam diri sendiri yang baru separoh beliau usianya. Lutut gemetar ketika naik bukit Cara. Kolesterol tinggi, minum vitamin ini dan itu, biar tetap fit. Bahkan banyak teman se angkatanku sudah dipanggil Tuhan, karena sakit. Hidup sehat luar dan dalam, akan memperpanjang usia kita.



bapak Hengky Nai tetap paling gagah!

No comments:

Post a Comment