Pages

Sunday, January 22, 2012

Pon, Wage, Pahing, Legi, Kliwon....

Pon, Wage, Pahing, Legi, Kliwon adalah hari Jawa. Kalau hari nasional kita kenal dengan Senin sampai Minggu yang disebut satu minggu. Sedangkan hari Jawa di sebut sepasaran.
Disini lebih akrab orang menggunakan hari Jawa.

Siang ini, di saat langit begitu terang dan matahari terik menyengat, setelah dua hari hujan dan mendung terus sepanjang hari, datanglah tukang kredit keliling. Parmi membeli tikar dan jas hujan dengan sistem kredit sebesar 170 ribu. Pinjaman ini harus dibayar setiap Legi, itu berarti seminggu sekali, atau bisa 5 kali sebulan. Tiap Legi, Parmi membayar 10.000, atau berapapun yang mampu dia bayarkan. Tidak ada batasan. Yang penting tiap kali dia datang ada pembayaran sesuai kemampuan. Bahkan kalau kebetulan belum ada uang, juga tidak mengapa. Juga tidak ada larangan, pinjaman harus lunas dulu baru boleh mengambil yang  baru. Parmi harus mengatur sendiri kemampuannya. Ada dua orang yang berjualan kebutuhan rumah tangga dengan cara kredit seperti ini. Yang satu akan datang tiap Legi dan satunya Kliwon.

Hari Jawa juga digunakan untuk hari pasar. Pasar di desa Tepus, hanya buka dua kali sepasaran yaitu Wage dan Pahing. Itu sebabnya, pasarnya disebut Pasar Wage dan Pasar Pahing.
Ketika aku mengusulkan ke Parmi,


“gimana kalau jualan gorengan?” usulku, karena  nampaknya gorengan,seperti pisang goreng, mendoan, bakwan, belum ada yang jual di pantai Ngandong. Kebetulan aku ada resep adonan gorengan yang enak, renyah dan mudah dibuat. Semula, Parmi bersemangat. Setiap Sabtu dan Minggu, ada yang menjual rempeyek udang kecil-kecil. Larisnya bukan main. Belum sampai sore, dagangan sudah habis. Tapi, sayangnya bahan-bahan seperti tahu, tempe dan sayuran hanya di jual di Pasar Wage dan Pahing.
 
Ketika dilihat di tanggalan, ternyata Pasar Wage yang paling dekat dengan hari ini, jatuhnya hari Senin.  Itu berarti kesempatan menjual gorengan di hari Sabtu dan Minggu bisa terlewati, karena hanya dua hari inilah yang ramai pengunjung. Sayang sekali…
Resep adonan gorengan tetap aku berikan. Setidaknya dia bisa mencoba ketika pasar wage atau pahing bisa jatuh di hari Jumat. Itu berarti Sabtu dan Minggu warung gorengan bisa dibuka…

No comments:

Post a Comment